Way to Rancaupas

22 Januari 2011

Hari ini, 22 orang yang akan mengikuti kegiatan rekreatif reborn kumpul di kodim. rencananya, kita pergi ke sana berempat berempat, pake kendaraan umum, dengan petunjuk yang dikasih. setiap petunjuk itu ngebawa kita ke sebuah pos, buat dapet petunjuk berikutnya.

setelah pemeriksaan barang dan pengumpulan snack yang dibawa, kita dikasih kertas kecil soal hitungan matematika untuk diselesaikan. yang udah selesai dan bener jawabannya, bisa dapet petunjuk buat pergi ke pos pertama plus dikasih uang 6000/org buat naik angkot.

karena terakhir selesai, aku, dinda, dzunun, sama dian jadi pergi terakhir. kita dikasih 2 amplop/petunjuk. petunjuk pertama=>menyusuri anyer-panarukan sepanjang 100 km. petunjuk kedua=> yang menghasilkan santan dan sapu lidi.

kita berfikir keras tea geuning. pas keluar gerbang kodim, kita nemu uang 18000 di pinggir jalan. karena nganggep itu punya klp yang sebelumnya, kita balik lagi ke aula kodim dulu, terus balikin uangnya ke sbm aries. dan ada satu kesalahan yang dilakukan sbm aries, yang bilang,

"wah, ini mah punya yang klpnya 3an. susulin ke kalapa geura" karena itu, kita langsung tau. wah ini mah pasti ke kalapa!

setelah tau tujuan, aku tetep aja kekeuh mau nyelesein petunjuk pertama dulu. kita sampe mikir, "jangan jangan nyusurin jalan anyer sampe jalan panarukan?" tapi berhubung kedua jalan itu bertolak belakang dengan tujuan, ga jadi deh.

Akhirnya mah kita ngikutin naluri aja. kita bakalan naik angkot yang ke kalapa. jadi, kita jalan di jalan jawa sampe nemu angkot.

pas jalan, kita baru ngeh. nyusurin anyer-panarukan kan sama aja kaya nyusurin jawa! waah dodolnya.

nyampe perempatan jawa-sumatera, kita galau. mau terus ato naik dari sini? setelah tau klp yang sebelumnya naik dari sini, kita pun langsung aja naik angkot dari situ.

singkat cerita, kita nyampe di kalapa. setelah beberapa saat nyari pos, kita ketemu juga sama ka aul dan t nicky yang lagi makan bubur. terus ada seorang pencari penumpang yang bilang ke ka aul, "Mau ke leuwi panjang lagi, a?". ketauan deh. petunjuk ketiga => tempat berkumpulnya para roti tawar berjalan cp : roti bolong di tengah.

pas lagi mikir, datenglah kelompoknya ka yura yang entah kenapa nyampenya malah setelah aku. baru beberapa detik setelah dikasih, ka yura langsung bisa jawab dan pergi ke tempat tujuan. kita bengong aja itu mah. dan beberapa detik kemudian, kita langsung jawab. "ke leuwi panjang!". bener, kita langsung naik angkotnya, lalu turun di dunkin donuts.

disana, kita dapet petunjuk => suaminya 'enci po' 387 (on foot). aku langsung jawab, kopo. kita harus jalan kesananya. alright then...

di jalan kopo nomor 387 semua kelompok udah ngumpul. katanya sih, kita lama. yaa itu karena kita beli makan siang dulu buat dian.

sekarang saatnya ke ciwidey. kita dikasih 7000/orang buat naik elf, plus petunjuk => dataran tinggi penuh pesona wisata, sebaiknya beribadah dulu. ini sih berarti ke ciwidey. ke masjid ciwidey. oke. elfnya itu, yang namanya lama lamaaaa banget. sampe akhirnya, ada juga satu elf. hampir semua kelompok naik ke elf itu. padahal sebenernya, dalem satu elf tuh ga boleh lebih dari satu kelompok. tapi yaa karena terpaksa...

kita naik elf sampe terminalnya. awalnya mau sampe masjid, tapi ga jadi. kita nganggepnya masjid yang di terminal. taunya itu ga ada siapa2. kita pun naik angkot ke masjid raya ciwidey.

sebelum sholat, kita belanja dulu. belanja pun ada tantangannya juga. masa kaya gini daftarnya :

ditambah lagi, kita harus wawancara si penjaga toko.

aku sama dzunun rada tilil. kita malah ke pasar yang jauh banget, sementara yang lain ke pasar yang deket masjid. sebenernya, aku udah ngeliat pasar itu. tapi entah kenapa aku gatau waktu itu aku mikir apa, aku malah ngelewatin pasar itu gitu aja -,-

kita lanjutin perjalanan lagi. semuanya naik angkot. tapi, yang blackbelt turun dulu di patuha resort.

di patuha, kita dibagi dua klp gt. aku sama dinda, gifari, ka rahmat, t etem, putri. yg klp kita disuruh nembak benda, teriak sekenceng"nya. dan ga boleh ada yang sama. aku milih tali rafia, t etem sampah bungkus rokok, dinda trotoar, gifari aspal, ka rahmat tembok,putri daun. kita gogorowokan gitu sampe diliatin orang orang.setelah dikasih beberapa kuis, kita diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju rancaupas, dengan jalan kaki! liat aja nih, dari patuha sampe rancaupas se-'deket' apa.

patuha resort

perjalanan panjang

bumi perkemahan ranca upas

akhirnya, perjalanan panjang kita berakhir. cape banget deh. segitu jauhnya kita jalan kaki, nanjak lagi. tapi rame!

begitulah. baca kelanjutannya di at rancaupas, at rancaupas II dan finally. liat juga fotonya di reborn goes to rancaupas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuda-kuda dalam Taekwondo

kenapa namanya ganesha operation ?

Lepas Hijab Demi Taat Aturan