Istilah-istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi adalah hal yang sangat sering kita gunakan sehari-hari. Namun, tahukah kalian arti istilah-istilah yang ada di Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)? Yuk kita pelajari bersama!

1. Internet dan Intranet 

Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya. 

Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Local Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu. Intranet memaksimalkan penggunaan LAN tersebut dengan menambahi kemampuan-kemampuan Internet kedalamnya.

2. Website dan Webblog

Website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain. 

Weblog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

3. IRC dan mIRC

IRC adalah Internet Relay Chat, suatu sistem chat yang dikembangkan oleh Jarkko Oikarinen di Finlandia pada akhir tahun 1980an. IRC telah menjadi sangat populer karena lebih banyak orang bisa terhubung ke Internet karena memungkinkan orang yang terhubung di mana saja di Internet untuk bergabung dalam diskusi hidup. Tidak seperti sistem chatting yang lebih tua, IRC tidak terbatas hanya dua peserta.Untuk bergabung dengan diskusi IRC, anda membutuhkan IRC client dan akses internet. Klien IRC adalah program yang berjalan pada komputer Anda dan mengirim dan menerima pesan ke dan dari server IRC. Server IRC, pada gilirannya, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pesan yang disiarkan ke semua orang berpartisipasi dalam diskusi. Ada bisa banyak diskusi terjadi sekaligus; masing-masing diberi saluran yang unik.

mIRC adalah fitur penuh klien Internet Relay Chat untuk Windows yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, berbagi, memutar atau bekerja dengan orang lain pada jaringan IRC di seluruh dunia, baik dalam kelompok konferensi multi-user atau dalam satu-ke-satu diskusi pribadi.Memiliki antarmuka, bersih praktis yang sangat dapat dikonfigurasi dan mendukung fitur seperti daftar teman, file transfer, multi-server koneksi, enkripsi SSL, dukungan proxy, UTF-8 display, suara disesuaikan, pesan lisan, pemberitahuan nampan, pesan penebangan, dan banyak lagi.mIRC juga memiliki bahasa scripting yang kuat yang dapat digunakan baik untuk mengotomatisasi mIRC dan untuk membuat aplikasi yang melakukan berbagai fungsi dari komunikasi jaringan untuk bermain game.

4. HTML dan HTTP

HTML (Hyper Text Markup Languange) adalah bahasa pengkodeaan untuk menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di World Wide Web. HTML terlihat seperti bahasa pengkodean lama, yang di awali dan diakhiri dengan kode-kode html dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat di jalankan pada sebuah web browser.

HTTP adalah suatu bentuk protokol umum, yang digunakan oleh server dan client untuk berkomunikasi di dunia web. Komunikasi ini terjadi dalam bentuk request dan response. Jadi, kalo sang client merequest, maka sang server akan merespons.Respons apa yang akan diberikan oleh sang server, sangat bergantung dari request (permintaan) dari sang client. Misalnya, sang client merequest sebuah halaman web (html), maka sang server akan merespon dengan cara mengirimkan isi dari halaman web yang diminta oleh sang client tadi.Atau bisa juga sang client tadi meminta (merequest) sebuah gambar. Maka sang server akan merespons dengan cara mengirimkan gambar tersebut. Begitu juga saat sang client meresquest file-file lain (video, MP3, program, etc). Singkat kata, respon apa yang akan diberikan oleh server, sangat bergantung dari request yang dilakukan oleh client. 

5. Web page 

Web page adalah yang membentuk World Wide Web. Dokumen-dokumen ini ditulis dalam HTML (hypertext markup language) dan diterjemahkan oleh browser web Anda. halaman Web dapat berupa statis atau dinamis. halaman statis menampilkan konten yang sama setiap kali mereka dilihat. halaman Dinamis memiliki konten yang bisa mengubah setiap kali diakses. Halaman ini biasanya ditulis dalam bahasa scripting seperti PHP, Perl, ASP, atau JSP. Script di halaman dijalankan fungsi di server yang kembali hal-hal seperti tanggal dan waktu, dan informasi database. Semua informasi dikembalikan sebagai kode HTML, jadi ketika halaman sampai ke browser anda, semua browser harus dilakukan adalah menerjemahkan HTML.Harap dicatat bahwa Web page tidak sama sebagai Website. Sebuah Website adalah kumpulan halaman. Web page adalah dokumen HTML individu. Ini adalah perbedaan yang baik untuk mengetahui, seperti teknisi kebanyakan sedikit toleransi untuk orang-orang yang mencampuradukkan dua istilah.

6. Homepage

Homepage adalah halaman utama situs Web. Biasanya, homepage berfungsi sebagai indeks atau daftar isi untuk dokumen lain yang disimpan di situs tersebut.URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

7. Hyperlink

Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau objek yang dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file, objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya.


Writing revised on April 9, 2020. Content is not edited.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuda-kuda dalam Taekwondo

kenapa namanya ganesha operation ?

Lepas Hijab Demi Taat Aturan