Taekwondo itu Apa, Sih?

Taekwondo itu seni beladiri yang menggunakan tangan dan kaki. Kadang orang suka nyamain karate sama taekwondo. Tapi sebenernya itu beda banget. Taekwondo cenderung pake kaki, kalo karate biasanya banyak pake tangan. Nah, taekwondo dibagi jadi dua jurusan yaitu poomsae dan sparing.

Kalau poomsae itu mempelajari jurus dari basic 1, 2, 3, dan taegeuk 1 sampai 8 (plus koryo sampai ilyeo, ed). So, ini tuh butuh ingatan yang kuat. Untuk pertandingan poomsae yang lebih dipersiapkan kayaknya ketahanan mental, ya. Soalnya kebayang dong, kita didepan orang banyak memperlihatkan jurus yang telah diundi sebelumnya dengan pengambilan, bentuk, dan segala sesuatunya yang harus perfect! satu lagi, ini juga butuh banget yang namanya ‘ingatan yang kuat’. Soalnya, di poomsae ini banyak banget nama-nama tehnik yang musti diinget gimana bentuknya, cara ngambilnya, arahnya, dan lain lain sebagainya. 

Kalau sparing itu mempelajari bela diri (ya iya atuh!!) menyerang, dan bertahan. Kaya bertarung gitu deh... Untuk pertandingan sparing kita harus mempersiapkan fisik, dan mental. Fisik... ya jelas lah, namanya juga tanding, bisa sakit, lecet, memar, luka, pokoknya musti tahan banting dan tahan sakit dah!! Mental... kita harus punya mental yang kuat, kalau tidak nanti ketika kita bertemu lawan yang kelihatan kuat, kita bisa kabur!!! Dan kalau itu terjadi, udah jelas kita di diskualifikasi.

Poomsae dan sparing sama capeknya, kalau kitanya serius... tapi.... kalau kamu milih sparing, resikonya ya... babak belur... dan kalo kamu milih poomsae, resikonya.. pusing 7 keliling!! Jadi mau milih yang mana, semua ada di kamu. 

Tingkatan sabuk dalam taekwondo

Putih : Lambang kepolosan atau ketidaktahuan. Warna ini disandang Taekwondo-in baru. 
Kuning : Lambang bumi. Sebagai tempat tanaman memasukkan akarnya, pada tingkat ini dasar-dasar teknik dan filosofi Taekwondo mulai ditanamkan.
Hijau : Lambang tanaman. Pada tahap ini diharapkan kemampuan para Taekwondo-in mulai berkembang.
Biru : Lambang langit. Langit yang ada di atas merupakan arah tumbuh tanaman, pada tahap ini Taekwondo-in mulai dibentuk untuk lebih mapan dan tangguh.
Merah : Lambang api (bahaya). Merupakan tahap untuk meningkatkan kontrol diri para Taekwondo-in, diharapkan Taekwondo-in sudah menguasai ilmunya dengan baik agar mampu menghadapi lawan.
Hitam : Lambang kedewasaan dan keahlian dari seorang Taekwondo-in, dapat juga berarti keberanian yang matang. Taekwondo-in yang sudah mencapai tahap ini bisa dianggap sebagai ahli Taekwondo. 

Segitu aja deh yang aku tau semoga bermanfaat :)

Writing revised on April 9, 2020. Content is not edited.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuda-kuda dalam Taekwondo

kenapa namanya ganesha operation ?

Lepas Hijab Demi Taat Aturan