Instastory, untuk Apa?

Kian lama, dunia ini kian transparan. Jika dahulu kita harus mengeluarkan uang banyak hanya demi melihat menara pisa atau tembok china, kini kita cukup berselancar di dunia maya. Bahkan, kita bisa tahu kegiatan para selebriti dari unggahan mereka di media sosial.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, yang salah satu fiturnya adalah instastory. Melalui instastory, kita bisa mengunggah foto atau video yang akan bertahan selama 24 jam. Tidak hanya itu, Instagram juga menyediakan fitur stiker, pena, dan caption untuk mendekorasi foto atau video yang akan kita unggah.

Unggahan di instastory itu beragam. Ada cerita lucu, curhatan orang galau, kata-kata motivasi, dokumentasi kegiatan, polling, berita, hingga iklan. Sobat milenial yang tidak suka mengunggah instastory mungkin bertanya-tanya, apa sih alasan seseorang mengunggah instastory?

Berbagi kebahagiaan

Pernahkah kalian melihat instastory yang isinya cuma si empunya akun lagi ketawa? Biasanya, kejadian itu terjadi kalau ada momen lucu yang ingin dibagikan ke instastory, tapi momen lucunya keburu lewat.

Momen lucu memang asik sekali untuk diunggah ke instastory. Karena, selain berbagi cerita, kita juga bisa berbagi kebahagiaan dengan orang yang melihat instastory kita. Siapa tahu, ada di antara followers kita yang sedang bersedih hati. Karena ketika diri sedang bermuram durja, video lucu memang ampuh untuk membuat kita kembali tertawa!

Kode

Hidup tidak selalu bahagia. Kadang-kadang, ada saja hal yang membuat kita sedih bahkan sakit hati. Beberapa orang kemudian mencurahkan isi hati mereka di instastory.

Cara mencurahkannya berbeda-beda. Ada yang langsung bercerita masalahnya secara gamblang, ada pula yang mengunggah hanya agar dilihat si doi. Biasanya, bentuk unggahannya adalah video dengan latar hitam diiringi lagu sedih, lalu dicantumkan tulisan “mood”. Ada juga yang mengunggah foto hitam, lalu disertai tulisan super kecil dan beberapa stiker sedih. Berharap si doi baca dan peka.

Memberikan informasi

Kisah hidup kita, bisa menjadi inspirasi atau pelajaran bagi orang lain. Banyak orang yang membagikan kisah mereka di instastory, agar orang-orang yang membacanya dapat mengambil pelajaran. Misalnya, cerita tentang kejahatan. Melalui cerita tersebut, orang yang membaca dapat lebih berhati-hati dan mengantisipasi tindak kejahatan tertentu.

Iklan

Berbeda dengan post feed Instagram, instastory tidak langsung muncul di profil akun kita. Kita harus klik foto profil seseorang untuk melihat instastory-nya.

Beberapa endorser lebih memilih mengunggah iklan di instastory, karena kadang konten yang akan diiklankan tidak sesuai dengan tema feed instagramnya. Selain itu, bisa juga karena ia tidak ingin konten iklan terus menerus ada di akunnya.

Menentukan pilihan

Kadang kita merasa galau dalam memilih sesuatu. Terjebak dalam dua pilihan, apalagi saat sedang sendiri, adalah hal yang sulit. Karena itu setelah Instagram memunculkan fitur baru bernama polling, banyak orang yang meminta bantuan followers nya untuk memilihkan pilihan untuknya.

Nah kalau sobat milenial, apa sih tujuan kalian update instastory?

 

Isabelle Rianda Putri (SMAN 5 Bandung)

Biasanya aku ngepost momen yang lucu dan menarik dengan teman-teman, atau kalau wajah lagi bagus. Tujuannya untuk berbagi momen aja sama orang lain, biar orang lain bisa liat kegiatan aku.

Rexcelliony Denata Syafirany (SMAN 2 Bogor)

Instastory aku isinya momen dengan keluarga dan sahabat kalau lagi senang atau lucu, biar bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Kadang juga isinya sedih atau galau untuk mencurahkan isi hati.

Wulan Kusuma Wardani (SMAN 14 Bandung)

Biasanya aku posting momen yang seru, atau kegiatan yang sedang dilakukan. Misalnya lagi latihan atau kegiatan lain yang positif dan bermanfaat, agar orang yang melihat bisa termotivasi dan semangat.

Sherina Nur Pratami (SMA Labschool UPI)

Biasanya aku upload momen-momen keseharian seperti kegiatan sehari-hari. Cuman pengen upload aja sih, nggak ada tujuan apa-apa. Paling kalau upload makanan, orang-orang jadi tahu makanan apa yang sedang aku nikmati.

Kharisma Jingga (SMAN 7 Bandung)

Biasanya update kalau lagi bareng teman, rasanya belum afdol kalau main tanpa update instastory. Suka juga update hal-hal yang lucu, biar orang lain bisa terhibur, atau info-info tertentu untuk followers aku.

Tulisan ini dikirim ke Koran Tribun Jabar untuk mengisi Rubrik Milenial. 
Tulisan ini dimuat di Koran Tribun Jabar pada 31 Januari 2018 dengan judul “Cerita Lucu Sampai Curhatan Instastory”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuda-kuda dalam Taekwondo

kenapa namanya ganesha operation ?

Lepas Hijab Demi Taat Aturan